Analisis Kinerja Pelayanan Publik pada Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Kepulauan Riau

Authors

  • Indra Bastian Tahir Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.69853/ja.v2i1.19

Keywords:

kinerja, pelayanan publik, survei, skala Likert

Abstract

Salah satu tahapan dalam meningkatkan pelayanan publik agar tujuan pembangunan terciptanya kesejahteraan umum dapat raih adalah melalui analisis kinerja pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja pelayanan publik pada Badan Pegelola Perbatasan Daerah Provinsi Kepulauan, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pengukuran psikometrik Skala Likert yang memberikan gambaran fenomena dengan menyajikan data secara faktual, sistematis, dan akurat dari penerima layanan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan survei melalui kuisioner online. Adapun unsur yang disurvei terkait kepuasan masyarakat adalah kesesuaian pelayanan, aspek mekanisme dan prosedur, lama pelayanan, spesifikasi jenis produk pelayanan, aspek perilaku pelaksana, sarana dan prasarana, kompetensi pelayanan, penanganan terhadap pengaduan pengguna layanan, dan  biaya pelayanan. Hasil penelitian menunjukan secara umum kinerja pelayanan publik Badan Pegelola Perbatasan Daerah dengan kualitas kerja Baik, dan penilaian hasil pelayanan sebesar 84,80 masuk dalam kategori B.

Downloads

Published

08/29/2023

How to Cite

Tahir, I. B. (2023). Analisis Kinerja Pelayanan Publik pada Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Archipelago, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.69853/ja.v2i1.19